Roh Kudus dan Bunda Maria

Dalam seminggu terakhir ini gereja melaksanakan Novena Roh Kudus. Dengan Novena Roh Kudus, umat Allah dipersiapkan untuk menyambut hari raya Pentakosa dengan penuh kerinduan. Terbangun kesadaran bahwa Roh Kudus selalu hadir dalam setiap peristiwa gereja yang menguduskan dalam setiap sakramen, teristimewa dalam perayaan Ekaristi. Roh Kudus yang sama Juga mengingatkan kita akan tugas mulia kegembalaan gereja dan hak serta kewajiban umat.

Dalam injiI hari inl kita mengetahul bahwa Roh Kudus bekerja secara penuh dalam diri Bunda Maria. Pertama, Maria mengandung dari Roh Kudus. Kedua, Maria berkata “Aku ini hamba Tuhan, terjadllah padaku menurut kehendak-Mu”. Ketiga, Sabda teiah menjadi daging dan tinggal di antara kita.

Selanjutnya Maria melahirkan dan mengasuh Yesus. Oleh karena itu, Bunda Maria tidak pernah jauh dari putra-Nya, dari kanak-kanak, masa remaja sampai sengsara dan wafat-Nya, Bunda Maria selalu menyertai dan menemani Putra-Nya. Karena kuasa doa Bunda Maria dan para rasul lnilah Roh Kudus turun ke bumi dan tinggal bersama dengan kita.

Merayakan Hari raya Pentakosta dengan benar dan sungguh-sungguh berartl bersedia dan bertekad untuk hidup, bersikap dan bertindak seperti para rasul. Para rasul ini bukanlah orang-orang pandai dan mempunyai kedudukan tinggi dalam masyarakat, tetapi berkat karya karunla Roh Kuduslah mereka berani meneruskan dan melaksanakan tugas pewartaan Kristus di dunia ini kepada semua umat manusia. Dengan kuasa Roh Kudus inilah setiap orang yang percaya kepada Kristus harus mau dan bersedia untuk merasul masing·masing menurut Bahasa dan kehidupannya sendiri.

Dalam konteks keadaan negara dan masyarakat saat lni, Roh Kristus-lah yang mendorong kita sebagai gereja umat Allah untuk aktif mengambil bagian dalam memperkenalkan ajaran, hidup, sikap dan perbuatan Yesus sebagai penyelamat dunla kepada semua orang, masing-masing sesuai dengan Bahasa kehidupannya.

Selamat merayakan Hari Raya Pentakosta. Semoga Roh Kudus turun atas jiwa kita masing-masing sehingga mampu mewartakan kabar gembira. Tuhan memberkati.